Ada Cinta di Aksi Super Damai 212

Al Quran Imam kami
Al Quran Pedoman kami
Al Quran Petunjuk kami
Al Quran Satukan kami
Aksi Bela Islam, Aksi Bela Islam
Aksi Bela Islam, Allah Allahu Akbar

Team BRTT
Tak terasa, waktu begitu cepatnya berlalu, dan hari ini aku kembali diingatkan dengan moment terindah dalam episode hidupku, yakni Aksi Super Damai 212. Hemttt, setahun yang lalu, sekitar 50 bus berangkat dari Daarut Tauhiid sebagai team BRTT. Berangkat kamis malam setelah kajian Makrifatullah, berbaris rapi menuju parkiran bus dengan semangat yang membara. Berbaju putih bagi ikhwan, bergamis gelap dan berkerudung putih bagi akhwat, dengan ciri khas syal biru yang tersemat. Sepanjang perjalanan Karom senantiasa mengingatkan untuk meluruskan niat dan perbanyak dzikir.

Sepanjang jalan menuju masjid Istiqlal, mulai nampak rombongan-rombongan berpakaian putih, Udara sejuk menyeruap menyapa, saat kaki menapaki jalanan kota Jakarta. Bekas-bekas hujan semalam masih terlihat, menambah kesejukan pagi ini, sesekali gerimis kecil turun membasahi bumi, seolah menyapa tamu Allah yang berkumpul untuk membela agama-Nya.

Berlomba-lomba untuk berbagi
Sepanjang jalan orang-orang sibuk menawarkan makanan, mulai dari kue, air mineral, cemilan hingga sarapan pagi. Saling menyapa dengan salam dan berbagi senyuman, sungguh indahnya ukhuwah islamiyah begitu terasa hari ini. Rombongan kami tiba sekitar pukul 05.00, Monas masih tampak lenggang. Sejenak beristirahat, sambil menanti rombongan yang lain datang. Lagi-lagi sekelompok ibu-ibu menghampiri, membagikan madu, kurma, kue, dll. Masya Allah, semoga Allah membalas dengan limpahan rahmat. Tabarakallah, untuk orang-orang yang dengan sukarela berbagi hari ini.

Rombongan demi rombongan mulai berdatangan, dalam waktu sekejap halaman monas sudah dipenuhi jutaan manusia berpakaian putih. Duduknya teratur dan rapi, semua tertib, tidak ada yang menginjak rumput, tidak ada sampah berserakan. Dzikrullah dan Shalawat terus terlantun, suasana terasa begitu sejuk dan damai. Dari berbagai daerah, berkumpul menjadi satu, dengan niat yang sama, mencari Ridho Illahi.

Terik matahari tak menyengat, sesekali hujan turun rintik-rintik seolah menghamburkan kesejukan, merahmati acara ini, Tausiyah demi tausiyah disampaikan, Tiap kali episode berdoa, hujan turun, seolah memberi tanda, akan segera diijabah doa kami. Mars Aksi Bela Islam, membuat semangat kami semakin membara.

Menjelang Sholat Jum'at, hujan semakin deras, semua berjejer rapi, ada yang memakai jas hujan, ada pula yang dipayungi orang lain yang sedang haid, meskipun belum saling mengenal sebelumnya. Masya Allah, suasana terasa semakin syahdu, air mata bercucuran saat Habieb Rezieq membacakan doa sebelum shalat Jum'at di mulai. Air mata kembali jatuh saat mendengar merdunya suara sang Imam. Yaa Allah, baru kali ini, aku merasakan kebersamaan dengan umat muslim seindah ini. Bersyukur, bisa menyaksikan secara langsung peristiwa luar biasa ini.

Setelah acara selesai, team kebersihan mulai beraksi, dipandu langsung oleh Aa Gym, Memunguti sampah, dan kotoran apapun yang ditemui, hingga monas kembali sepi, tak terlihat satupun sampah yang tersisa. Islam itu indah, islam itu bersih, dan islam mencintai kerapian. Sebelum kembali ke Bandung, ditutup oleh Guru Kami dengan tausiyah yang menyemangati. Semoga setiap sampah yang dipungut menjadi penggugur dosa, peningkat derajat, pengundang rezeki dan Allah Ridho dengan kegiatan ini.

Aksi 212 menyimpan berjuta makna bagi setiap manusia yang mengikutinya. Masing-masing memiliki hikmah yang berkesan di hatinya. Banyak kisah inspiratif muncul dari perjalanan hari ini. Tentang Mujahid Ciamis yang berjalan ratusan kilometer, dari seorang pedagang yang menyedekahkan dagangannya untuk peserta aksi, dari seorang disabilitas yang sangat bersemangat mengikuti, cerita seorang warga yang rela memasak dari pagi dan membagikannya secara cuma-cuma untuk peserta aksi, adapula warga nonmuslim yang turut menyumbang makanan dan masih banyak kisah yang bisa di gali. Sesuai dengan sudut pandang yang menuliskannya.

Khafilah Daarut Tauhiid Akhwat

Semoga Allah merahmati siapapun yang menjadi jalan terlaksana-Nya Aksi Super Damai 212 ini, banyak yang sudah menceritakan pengalamannya dan ketakjubannya, hanya ini yang bisa kutulis saat mengenang peristiwa setahun yang lalu. Semoga bisa menginspirasi siapapun yang membacanya. Dan bagi sahabat yang kembali datang untuk mengikuti reuni, semoga Allah berikan kelancaran, kesehatan, keberkahan, dan limpahan rahmat juga ridho-Nya.


EmoticonEmoticon