Secuil Pelajaran dari Bandung Entrepreuner Day

Untuk yang pertama kalinya mengikuti BED alias Bandung Entrepreuner Day, sayangnya ngga bisa ikut sampai selesai, padahal materi-materi penghujungnya seru-seru. Balada bumil, ngga betah duduk lama dengan kaki menggantung, sehingga dipertengahan acara memutuskan untuk pulang, kaki mulai bengkak. Meski singkat, tapi banyak sekali ilmu dan pelajaran yang di dapat. Diawali sambutan dari salah satu Gubernur terfavorit, Bapak H. Ahmad Heryawan. Salah satu kata-kata yang paling membekas adalah "Tidak ada hal yang besar, tanpa pemikiran yang besar."

Materi Pertama di sampaikan oleh Agus Santoso, beliau adalah Founder CIMB Comunity. Beliau membagikan perjalanan hidupnya, bagaimana ketika kegagalan demi kegagalan menimpanya, kehilangan uang ratusan juta, ditinggal oleh keluarga, hingga menjadi seorang gelandangan. Beliau sudah melalui masa-masa sulit dititik nol, namun saat gagal dan terjatuh itulah beliau menggunakannya untuk melompat lebih tinggi dan berlari lebih kencang. Menjadikan kegagalan sebagai titik balik menuju keberhasilan.

Beliau mulai mencari-cari apa kesalahannya selama ini, menemui banyak orang untuk belajar, hingga akhirnya beliau menyadari bahwa selama ini mengerjakan sesuatu yang bukan kemampuannya. Kesadaran itulah yang menjadi salah satu pemicu kebangkitan dirinya. Beliau berpesan, "Fokuslah pada kekuatanmu, dan kekurangan bisa disiasati."

Selama ini, masyarakat cenderung berusaha memperbaikki kekurangan, contohnya, ketika nilai matematika jelek, orang akan belajar mati-matian pada bidang study itu, yang ikut leslah, belajar ke teman yang pandai matematika, dan berbagai upaya untuk memperbaikki. Namun ia melupakan kemampuan yang menonjol, semisal nilai bidang study bahasa selalu tinggi. Padahal, seharusnya yang menjadi kemampuan itulah yang terus dikembangkan,  jikalau terlalu fokus pada kekurangan, maka sambutlah kegagalan di depan mata.

Tugas kita bukan menjadi orang yang sempurna, setiap manusia dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangannya. Dan kebanyakan orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang berusaha semaksimal mungkin mengembangkan potensi dalam dirinya. Dan bisa berdamai dengan kekurangannya. Secuil hikmah, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon