Catatan Perjalanan Bumil ke Jogja

Akhirnya ada juga kesempatan buat rihlah, sejenak beristirahat dari rutinitas jaga lilin. Kemarin-kemarin sempat ngrekap orderan, ngerencanain sekalian CODan dan temu kangen dengan teman-teman. Qodarullah, 2 hari sebelum keberangkatan panas tinggi, mual muntah, lemes, dll. Akhirnya dibatalin semua rencana yang sudah tersusun rapi.

Sempet mikir ulang mau berangkat atau engga, siang menjelang keberangkatan demam belum juga turun, makin lemes, belum selesai packing, dan beres-beres rumah. Lagi kurang vit, dengan keadaan rada-rada genting ternyata bikin gampang back mood, mendadak diem, sensian, dan bikin kesel orang, untung suami sabar. Maafin yaa suami terbaik. Dan terima kasih selalu membersamai meski dalam kondisi terlabil istrimu ini.

Drama baru dimulai, jam 19.30 baru berangkat dari kosan, harus nganter paket ke JNE lagi, jam 20.00 tepat baru berangkat dari gerlong. Malem minggu, dan macet dimana-mana, malah sempet stuck sekitar 10 menitan. Sedangkan kereta berangkat jam 21.00, bukannya mencoba tenang malah makin panik, padahal suami pasti berusaha memberikan yang terbaik, memang keadaan yang seperti itu, ternyata belajar menjadi sabar itu butuh perjuangan ekstra, hiks ngiri dengan kesabaran misua.😢

Ngelihat di google maps, makin pesimis dengan warna merah dimana-mana, rasanya pengen nangis, kesel, dll, tapi ditahan sendiri, ngga boleh memperkeruh suasana. Apapun yang terjadi nantinya, itu yang terbaik. Alhamdulillah, jam 20.50 sampai di stasiun Kiara Condong, langsung deh buru-buru cek in, sejenak lupa kalau lagi hamil. Baru aja duduk kereta berangkat, memang takdirnya berangkat ke Jogja. Kereta sampai di Kutoarjo jam 05.00 dilanjutkan naik pramex yang berangkat tepat jam 06.00, first time naik pramex yang baru, nyaman, sampai ngga sadar kalau udah nyampe di wates, untungnya nanya.😂
Dari stasiun wates lanjut ke Sedayu naik bus kecil, cuma kita berdua dong yang naik. Ada yang menarik di sini, dari obrolan suami dengan supir, di sana semua menerima kemajuan teknologi dengan kesadaran, tidak memprotes adanya transportasi online, toh rezeki tidak akan tertukar kok. Tetap ada yang naik bus/angkutan umum lainnya. Dan terbukti, memasuki perkotaan, penumpang mulai memenuhi mini bus itu, salut. Tarifnya juga murah meriah, dari Wates, Kulonprogo sampai Universitas Mercubuana, hanya Rp 15.000,- untuk dua orang.

Ahh Jogja, datang kemari adalah moment-moment yang selalu di rindukan. Setelah seharian temu kangen di rumah kakak ipar, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, mencari penginapan murah di sekitar stasiun Lempuyangan. Dari halte gamping ke Stasiun Lempuyangan naik Trans Yogyakarta, kalau ngga salah hanya bayar Rp 6.000,- buat 2 orang. Murahhh loh. Sayang ngga bisa menikmati pemandangan karena kaca bus berembun😢

Oke sampai di stasiun Lempuyangan, berhenti sejenak menikmati soto khas Jogja yang rasanya maknyuss bin mantab. Seger, bikin berkeringat meskipun cuaca malam itu sangat dingin. Sambil makan sambil nyari penginepan, makin malem suasana semakin sepi. Akhirnya kami memutuskan nyari sambil jalan, setelah 1 kilo berjalan ketemu penginapan yang dituju, tapi ngga sesuai dengan gambar yang di traveloka/pegi-pegi. Udah capek, kaki mulai bengkak karena jalan jauh, dan realita di lapangan tidak sesuai ekspetasi. Udah mah suami sakit, demamnya makin tinggi, pengen nangis saat itu juga, tapi da nangis ngga menyelesaikan masalah. Suami cuma bilang, terus Dzikir, minta tolong sama Allah biar kuat.

Akhirnya jalan lagi, nyari tukang becak. Sepi. Serem. Capek. Semua rasa bercampur aduk menjadi satu. Setelah berjalan sekitar 15 menit, ketemu sama tukang becak, itupun harus ngebangunin dulu. Sedih lagi, bukan karena keluhan, tapi keinget sama orangtua, sama suami yang memiliki kewajiban mencari nafkah. Perjuangannya itu loh, kadang rela ngga pulang, kehujanan, istirahat di tempat seadanya, demi menghidupi keluarganya.

Jam menunjukkan pukul 21.30, hujan rintik-rintik masih setia menemani. Sampailah kami di hotel Sastrowijan, harga kamar termurah Rp 160.000,- jaraknya sekitar 1,1 km dari stasiun Lempuyangan. Kamarnya lumayan besar, ada 2 tempat tidur, cukup untuk 4 orang, kamar mandi di dalam, tapi tanpa selimut, dan dispenser pun letaknya di luar. Sesuailah dengan budget yang murah. Yaa udahlah, yg penting bisa istirahat, karena jam 03.00 harus udah standby di stasiun nungguin rombongan yang lain.

Ngga bisa tidur, hanya memejamkan mata dan meluruskan badan, rasanya nikmat banget. Baper lagi ngelihat suami yang tertidur pulas, nafasnya aga terganggu karena pilek, badannya masih panas, disitu ngga bisa nahan air mata, ngerasa bersalah karena dari kemarin suami yang sibuk nyiapin semuanya, udah gitu harus ngadepin kondisi terlabil istrinya, kok aku ngga bisa sabar yaa, kok ngga bisa menampakkan wajah yang menenangkan untuk suami yaa, hiks, sifat kekanakkan masih sering muncul. Harus banyak minta maaf ke suami😢

Jam 02.00 bangun, mandi, beberes, bangunin suami, pesen grab. Lagi-lagi ada yang menarik, yang ngejemputnya taksi konvensional loh, tapi bayarnya pakai grab. Indahnya bersinergi. Dan akhirnya gabung dengan rombongan.

Pict by Ahmad Rizka
Destinasi pertama ke Candi Prambanan, dapet tiket khusus karena belum buka😂 Masih jam 06.00, kita udah masuk ke candi. Terakhir kesini setelah gempa Jogja, dan kesini lagi udah sama suami dan calon bayi. Yang lain jalan-jalan, kita mah asyik aja mengabadikan moment. Sang potografer sibuk mencari angle dan mengatur timer biar dapet foto yang pas alias hanya mengambil siluet, ternyata lebih seru dari pada jalan2 muterin candi. Alibi ibu hamil yang males jalan😅 Menikmati sejuknya udara pagi, dan cerahnya cuaca di Candi Prambanan, bikin lebih fresh.

Destinasi kedua ke Goa Pindul, sepanjang perjalanan tidur, balas dendam karena semalem ngga bisa tidur. Sampai goa pindul hujan turun rintik-rintik, antara penasaran sama males basah. Mikirnya terlalu lama, antara ikut dan engga. Tapi sayang, udah nyampe sini ngga nyoba. Bismillah, Insya Allah semuanya baik-baik aja, malah suami yang khawatir kalau nanti sakit perut, atau kram. Alhamdulillahnya engga. Sayangnya airnya coklat, kan biasanya jernih, jelajah goa dimulai, hihihi malah keasyikan ngelihat kelelawar dan sarangnya, karena ngedengerin penjelasan guidenya malah bikin ngantuk.😥

Dan hujan mulai turun dengan derasnya, tapi yang bikin semangat itu nemu Mang-emang yang jualan bakso bakar, rasanya mantapp, bikin ketagihan.😋 Setelah mandi dan shalat, perjalanan di lanjutkan menuju pantai indrayanti. Tapi ternyata hujan turun semakin deras, sampai jalanan pun berkabut, akhirnya diputuskan untuk langsung ke penginapan. Besok baru ke pantai.

Pertama kali turun dari mobil, pandangan mata langsung tertuju pada gerobak buah di halaman hotel. Bapernya dateng lagi, ngga tega ngelihat yang jualan udah tua, dan dagangannya masih banyak. Setelah cek in, langsung keluar lagi beli lotis, dari pagi belum laku, makin ngga karuan perasaan ini. Hiks, sambil bikin pesanan beliau bercerita, sudah 53 tahun jualan rujak keliling gini, kadang habis, kadang engga, bahkan kadang sepi. Satu porsinya Rp 10.000,- dan itu buahnya lengkap, bumbunya juga mantap. Yaa Allah, berkahi kehidupan Sang Bapak, semoga lelahnya mencari rezeki tergantikan dengan tabungan surga, penghapus dosa-dosanya, dan mudahkanlah rezekinya, aamiin.
Agenda malam hari Solat Berjamaah di Masjid Jogokariyan dan Jalan-jalan ke Malioboro, pengen banget sebenarnya ke Masjid Jogokariyan, tapi hujan, dan kaki udah sakit, jadi aja diem di penginapan. Ngeyoutube, memanfaatkan wifi gratis, hehehe. Jadinya suami sendirian deh jalan-jalannya. Hujannya bentar-bantar deras, berhenti bentar, hujan lagi. Semoga besok Cerah.

Nah buat bumil ngga ada larangan untuk ikut Rihlah/Study Tour, tapi harus pandai-pandai memahami kondisi, jangan memaksakan diri. Bawa juga baju yang nyaman dan longgar. Jalan juga jangan terlalu lama dan jauh, bisa bengkak. hihihi.

Tunggu postingan berikutnya yaa, perjalanan yang sempat menegangkan karena terjebak banjir di Gunung Kidul.😊


EmoticonEmoticon