Skincare Harian Untuk Bumil ala Alfia

Sebenarnya, rajin skincarean itu sejak memasuki trimester kedua, itu juga setelah mengumpulkan berbagai referensi, nanya ke bidan, ke spog, ke temen-temen di group, hingga akhirnya Learning Mama mengadakan group "Skincare", group inilah yang menjadi jalan aku dapet banyak ilmu baru tentang dunia perawatan kulit wajah. Apalagi di group banyak suhu-suhu berpengalaman dengan wajah-wajah glowing, bikin tambah semangat untuk menjaga. Toh tujuan skincare bukan hanya untuk glowing aja, namun jangka panjang.

Belajar di group juga mulai dari nol, dari step by stepnya, fungsi dan manfaat masing-masing produk, dan ternyata selama ini, aku bukan merawat kulit wajah tapi malah merusaknya, yaa itu karena ngga paham ilmunya. Makai ini itu tanpa paham urutan pemakaiannya, ngga tau kalau make produk ini harus didampingi dengan produk itu, makannya meskipun dirawat juga hasilnya engga kelihatan, yang ada semakin kusam dan jadi bermasalah.

Btw, produk yang harus dihindari oleh bumil itu produk-produk yang claimnya memutihkan, nah dibawah ini aku sertakan kandungan yang harus dihindari oleh ibu hamil yaa. Jadi tips sebelum membeli produk skincare, coba lihat ingredientsnya dan juga baca-baca review yang udah pernah makai. Seneng loh kalau udah mempelajari hal ini. Yukkk jadi bumil yang cerdas dan cerah. Membahagiakan suami dengan kecantikan kita itu ibadah loh😉 Nah terkhusus untuk paraben, kita bakalan susah menghindarinya, karena di sabun mandi, odol, sampo yang kita gunakan pun ada kandungan paraben dan turunannya, menurut sahabat saya yang seorang dokter, paraben yang ada di produk sehari-hari, berada di dosis yang aman untuk digunakan. 

Ada beberapa hal yang harus kita tanamkan dalam mindset kita untuk memulai dan melakukan skincare :
1. Skincare dilakukan seumur hidup, secara terus menerus, konsisten dan telaten.
2. Tidak ada perawatan yang instan

Tahapan Skincare bagi Pemula (Sekaligus produk yang Alfia pakai yaa) :

1. Cleansing (Double Cleansing)

Dulu mikirnya cuci muka pakai facial wash sudah cukup untuk membersihkan kulit. Ternyata ngga, untuk mengangkat sisa make up/skincare yang kita pakai harus diangkat menggunakan produk milk/oil. Awalnya aku nyoba produk oil, tapi malah beruntusan di kening, aku rasa membersihkannya kurang maksimal. Akhirnya beralih ke milk cleanser untuk tahap 1, dilap menggunakan waslap basah, agar pengangkatan sisa-sisa kotoran terangkat paripurna. Setelah itu baru pakai Facial Wash, dan Peeling/Scrubbing 2x seminggu untuk merontokkan kulit mati. Sejak 4 bulan rutin menjalaninya, sekarang wajahku semakin bersih. Dan jarang bermasalah. Tentunya disini aku nyari produk yang aman untuk bumil yaa😊

1. Step Pertama aku pakai Viva Milk Cleanser yang Hijau (Idr 8.700,-)
2. Facial washnya produk Luvital (Idr 69.000,-)
3. Wardah Essential Peeling (Idr 16.000,-)

2. Toning (Double Toning) 

Aku baru tau kegunaan toner setelah masuk group skincare, duh selama ini kemana aja. Yaa begitulah ilmu, semakin tahu, semakin banyak yang harus dipelajari. Oiyaa, sementara ini masih nyoba produk drugstore. Mau upgrade yg produk luar nanti aja setelah lahiran, udah ada sih listnya produk-produk yang rekomended, tapi musti nabung dulu buat belinya😁

Kita bahas satu per satu yaa, dimulai dari Exfloating Toner. Acid toner, atau exfoliating toner, adalah toner yang fungsi utamanya adalah mengangkat sel kulit mati. Salah satu faktor utama kulit kita terlihat kusam atau bahkan butek (lol) adalah sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Dengan bantuan toner berbahan dasar acid, sel kulit mati ini bisa terangkat dan kulit akan regenerasi dengan sel kulit baru. Nggak cuma itu saja, acid toner juga bisa membersihkan pori-pori tersumbat yang jadi dalang segala jerawat, whiteheads, blackheads, dan teman-temannya. Sel kulit mati terangkat, pori-pori bebas kotoran, tekstur kulit pun jadi lebih halus.

Perlu diingat kalau pemakaian acid toner membuat kulit kita menjadi lebih photosensitive alias rentan terhadap dampak buruk sinar UV. Karena itu, kalau kamu baru mau mulai menggunakan acid toner, wajib banget untuk menggunakan sunscreen setiap hari karena memakai acid toner tanpa sunscreen sama aja percuma. Saya pernah baca suatu tulisan yang mengatakan “If you cannot commit to sunscreen, then you cannot use an acid toner.” Kulit jadi cerah, tapi at the same time nggak dilindungi dari sinar UVA yang bisa memicu flek-flek gelap? Big no.

Yang kedua Hydrating Toner.
Biasanya berbentuk air / lotion. Fungsinya melembabkan kulit apalagi setelah pemakaian acid toner. Adapun fungsi Hydrating Toner adalah :
1. Pengganti Moisturizer
2. Meningkatkan Efisiensi Skincare yang dipakai selanjutnya
3. Menyeimbangkan kadar PH

Produk yang Alfia pakai :
1. Exfloating Toner Wardah White Secret (Idr 70.000,-)
2. Hydrating Toner Hadalabo Gokujyun Putih (Idr 47.000,-)

Btw untuk hydrating tonernya Aku menerapkan ala-ala korea gitu, makainya sampai 7 lapis kalau lagi rajin, 5 lapis kalau lagi males, hadalabo putih ini teksturnya cair, jadi cepet meresap ke kulit, 30 menit cukup untuk 7 lapis kok, dan siap memakai produk selanjutnya. Dan hasilnya wajah jadi kenyal, lembab, berseri gitu.

3. Moisturizing

Moisturizer adalah pelembab alami kulit yang mampu mengembalikan protein keratin. Protein keratin adalah bahan dasar pembentuk kulit manusia. Protein keratin dibutuhkan agar kulit tetap lembab, halus dan sehat. Pada saat kulit kering, kelembaban alami menjadi berkurang dan nilai Ph menjadi rendah karena kekurangan protein keratin. Memakai moisturaizer membantu  dalam menaikkan nilai Ph pada kulit dan meningkatkan produksi keratin.

Kalau untuk tahap ini, aku skip, aku ngga pakai krim khusus (day cream) untuk pagi hari karena sudah cukup ternutrisi dengan serum + aloevera gel. Kalau malem pakai night cream. 

Produk yang digunakan :
1. Serum Luvital (Idr 223.000,-)
2. Night Cream Luvital (Idr 223.000,-)
3. Wardah Hydrating Aloevera (Idr 36.000,-)

4. Protecting

Meski di dalam rumah, tetep wajib pakai sunblock loh. UVA dan UVB yang terkandung pada sinar matahari dapat memberi efek buruk terhadap kulit kita. Seperti kulit terbakar, warna kulit belang, kerutan, flek hitam dan efek paling buruk adalah kanker kulit. Sunscreen membantu melindungi kulit kita dari efek buruk UVA dan UVB.

UVA UVB bisa berasal dari paparan sinar matahari langsung , Uap panas dari api kompor ,  gadget  , Sinar UV tetap menembus kaca rumah.
Produk yang digunakan : Sunscreen Wardah (Idr 30.000,-)

Dan ini dia Urutan Penggunaannya :

1. Skincare Pagi
-Facial Wash Luvital
-Hydrating Toner Hadalabo
-Hydrating Aloevera Wardah
-Serum Luvital
-Sunscreen Wardah
-CC Cream Luvital

2. Skincare Malam
-Milk Cleanser
-Facial Wash Luvital
-Exfloating Toner White Secret
-Hydrating Toner Hadalabo Putih
-Serum Luvital
-Night Cream Luvital
-Hydrating Aloevera sebagai sleeping mask

Aku pribadi merasakan efek perubahannya setelah 4 bulan konsisten menggunakan semua produk ini. Rutinitas merawat ini semakin menyenangkan ketika mendapat dukungan dari suami, dia bahagia juga saat wajah istrinya semakin cerah merona, ciie. Bahkan dia juga yang mengingatkan kalau lagi males, senangnya.😍Ini semua masih skincare untuk pemula loh guys, masih nabung untuk melengkapi yang lain biar lebih paripurna.


Note :
Setiap produk memiliki fungsi masing-masing, dan setelah aku pelajari dan aku aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, aku makin ngga percaya sama satu produk yang diclaim bisa mengatasi semua permasalahan kulit. Aahhh ngeri.
Mengatasi permasalahan kulit pun satu persatu, ngga bisa sekaligus. Semangat mencari ilmu yaa biar ngga terperdaya dengan promosi produk yang overclaim. Untuk review masing-masing produk, tunggu postingan berikutnya yaa😉

Sumber : Group Skincare Learning Mama


EmoticonEmoticon